Pada dasarnya influencer marketing efektif untuk mendekatkan diri dengan audiens yang disasar. Efektif? Apa yang harus diperhatikan?
Nah, ini ada hubungannya dengan objektif yang hendak dicapai. Anda ingin sekadar memperoleh awareness? Atau malah lebih dari itu?
Misal, target yang hendak dicapai adalah awareness, maka jumlah impression dan reach menjadi dua elemen yang krusial. Kok?
Ya, bisa jadi karena KPI yang harus Anda capai adalah membesarnya jumlah user baru. Atau calon pembeli baru jika bergerak dalam bidang e-commerce. Semakin banyak tentu semakin bagus.
Sebelum menjadi terlalu jauh, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu beberapa poin krusial dalam menjalankan strategi influencer marketing.
Reach
Reach adalah elemen penting dalam influencer marketing campaign. Dari variabel ini kita bisa melihat, seberapa jauh jangkauan pesan dari sebuah brand (via influencer yang kita pilih) berkelana di antara audiens-nya. Semakin tinggi angka reach-nya tentu saja semakin banyak yang melihat pesan dari brand tersebut.
Dari sisi pemilihan infuencer, soal reach ini juga layak beroleh perhatian. Siapa orang yang kira-kira bisa menjalankan amanah dalam meningkatkan reach?
Ada tiga hal biasanya yang diperiksa yang bisa dijadikan tolok ukur untuk menghitung efektivitas dari seorang influencer. Tiga hal itu adalah: followers, jumlah impression, dan traffic data.
Engagement
Ketika target utama dari campaign Anda adalah engagement atau interaction, maka Anda bisa mengukur tidak hanya dari jumlah engagements, tapi juga Cost per Engagement (CPE).
Engagement penting sebagai indikasi bahwa brand Anda mempunyai audiens yang setia. Engagement juga bisa menjadi unsur yang bisa diperhitungkan dalam kaitannya dengan Return of Investment (ROI) dalam jangka panjang.
Untuk mengukur engagement dari seorang influencer terhadap brand Anda, ada enam tolok ukur yang bisa dihitung:
Selain itu untuk mengukur sejauh mana upaya influencer marketing Anda membuahkan hasil yang diinginkan, Anda perlu menggunakan tools pengukuran. Ada banyak pilihan berkenaan dengan peranti ukur. Di Grid Voice misalnya, kami menggunakan beberapa. Antara lain brand24.com dan Buzzsumo untuk melihat performa influencer marketing yang dijalankan.
Well, di luar topik yang kita perbincangkan, patut diingat juga, influencer marketing tidak melulu untuk menghasilkan transaksi dalam waktu singkat atau meningkatkan penjualan. Strategi ini juga memiliki satu spektrum penting, yakni: hubungan ke depan dengan target audiens brand Anda.