Youtube atau Instagram? Mana yang Paling Pas untuk Produk Kita?

by : Grid Voice


Posted on August 23, 2018 10:00 AM
Bagikan melalui :


Konten visual ampuh dalam membetot perhatian audiens. Itu sebab, Youtube dan Instagram menjadi ramai pengunjung. Memahami karakteristiknya bakal membantu Anda dalam mengirim pesan dengan cara dan target audiens yang pas.

Ada banyak content creator dan juga influencer di dua platform tersebut. Para influencer pada umumnya menggunakan Youtube atau Instagram untuk membuat konten bersifat review atas suatu produk. Karena konten visual lebih atraktif dan menarik,  tingkat engagement-nya relatif tinggi.

Meski sama-sama menyajikan video, perbedaan paling menonjol dari dua platform terletak pada durasi. Lebih jauh, coba kita telisik satu per satu:

 

Jadi, kembali ke pertanyaan di judul. Platform manakah yang paling cocok untuk produk kita?

Bagaimana kalau kita mainkan kedua-duanya?  Tentu dengan asumsi bahwa masing-masing memiliki kelebihan.

Jika kita baru saja meluncurkan suatu produk baru, maka Instagram akan menjadi pilihan yang efektif untuk memperkenalkan produk tersebut, melalui para influencer relevan. Kesegeraan dari Instagram menjadi tepat untuk memunculkan awareness tentang produk ke target audiens.

Jika ingin melakukan review mendalam terhadap produk baru, maka Youtube menjadi platform yang cocok. Dengan fitur “player” yang lebih fleksibel dibandingkan Instagram, (seperti view full screen mode), audiens akan lebih nyaman.

Instagram atau Youtube? Nampaknya, menggabungkan keduanya bisa memberi hasil lebih optimal.