Strategi Mencari Influencer ​

by : Yuliandi Kusuma


Posted on October 25, 2017 19:05 PM
Bagikan melalui :


Siapa saja bisa membawa pengaruh ke orang lain. Tidak perlu figur publik atau selebriti, yang penting bisa menimbulkan perbincangan positif.

Siapa saja bisa membawa pengaruh ke orang lain. Tidak perlu figur publik atau selebriti, yang penting bisa menimbulkan perbincangan positif.

Influencer marketing semakin dipercaya sebagai strategi penting dalam dunia pemasaran. Semakin banyak yang memahami influencer marketing sebagai basis dari pemasaran karena melibatkan perbincangan antar-konsumen. Strategi ini sendiri meliputi proses untuk mengidentifikasi, meneliti, melibatkan dan mendukung orang-orang yang menciptakan perbincangan dengan opini positif mengenai brand, produk, atau pun layanan.

Influencer marketing dapat digunakan oleh brand sebagai sebuah strategi untuk mensinergikan pemasaran, PR, sales, produk, digital marketing, dan media sosial melalui komunikasi yang intens antara para pengguna media sosial. Tak heran, jika potensi dampak yang dapat diperoleh dari influencer marketing sangatlah besar.

Lanskap dunia marketing digital semakin mengubah cara kita melakukan bisnis, cara pelanggan mengakses informasi, apa yang mempengaruhi keputusan pelanggan atau bagaimana prospek Anda dibuat. Saat percakapan konsumen secara online terus berkembang dengan sangat drastis, influencer memainkan peran penting dalam memecahkan simpang siur opini, menciptakan dialog pelanggan yang relevan dan membawa kepercayaan untuk produk atau pun brand.

Tahapan Mencari Influencer

Dalam jagat maya yang sangat sosial, informasi berjalan seperti gelombang - dan influencer dapat beraksi sebagai sang pembuat gelombang. Mereka memiliki beberapa hal berikut: kepercayaan dan pengaruh untuk membimbing penyimak atau pengikut kontennya untuk menyukai atau malah meninggalkan sebuah brand.

Hubungan antara influencer dengan pengikutnya adalah hubungan yang unik dan jujur. Ini melibatkan antara pelanggan, brand dan influencer. Itulah yang membuat influencer marketing begitu unik dari taktik pemasaran lainnya. Ketika brand berkomitmen pada seorang influencer, mereka juga berkomitmen untuk menjadi pendukung jangka panjang bagi audiens mereka.

Dari sisi inbound marketing, penerapan influencer marketing memungkinkan sebuah brand lebih dikenal, meningkatkan jumlah audiens, dan memacu perkembangan kanal media pemasaran yang dimiliki sebuah brand.

Untuk mulai melakukan strategi pemasaran lewat influencer, pertama, Anda harus tahu apa itu influencer, dan bagaimana mengidentifikasi influencer yang tepat untuk brand Anda. Inilah tiga komponen penting yang harus Anda lihat dari seorang influencer adalah soal jangkauan, relevansi, dan resonansi yang dimilikinya.

Langkah # 1: Kenali Siapa Audiens Anda

Ketahui target pelanggan Anda dan pahami siapa yang mempengaruhi mereka saat mengevaluasi, menemukan, dan membeli produk (atau layanan) Anda.

Langkah # 2: Temukan Influencer yang Tepat

Faktor “berpengaruh” adalah hal penting saat memilih seorang influencer. Anda perlu menemukan orang-orang yang memproduksi dan berbagi konten yang dapat memengaruhi bisnis Anda atau proses pengambilan keputusan pembeli Anda.

Langkah # 3: Memonitor Influencer

Inilah saatnya untuk memantau apa yang terjadi di jagat maya secara langsung. Anda harus menemukan hal apa yang ditulis dan bicarakan oleh para influencer, dan yang terpenting, bagaimana tanggapan dari audiens mereka.

Langkah # 4: Bertindak dan Terlibat

Pada langkah ini, Anda akan mulai membangun hubungan dengan menggunakan beberapa tindakan sederhana. Mengikuti akun mereka lalu membagi beberapa hal lewat komentar dapat menjadi menjadi langkah pertama yang efektif.

Langkah # 5: Pantau Efektifitas

Setelah membangun hubungan dan mengirim sinyal ke audiens dan influencer, pantau terus keefektifan dari hubungan ini. Apakah hubungan secara online ini dapat diaplikasikan menjadi hubungan offline? Anda harus mempelajari hal ini lebih dalam.

Sumber: traackr