Menebar Campaign Lewat Komik

by : Yuliandi Kusuma


Posted on July 13, 2018 15:30 PM
Bagikan melalui :


Tunjuk tangan buat Anda pencinta komik strip dan kartun? Kami yakin banyak yang suka keduanya. Konten komik strip dan komik yang ringan, dengan visual menarik dan balutan humor, membuat nya mudah disukai.

Komik strip dan kartun tidak hanya disimak di surat kabar atau majalah-majalah saja. Kita bisa menikmati hiburan ini di akun-akun media sosial, khususnya di platform Instagram. Beberapa karakter kartun terkenal seperti Mice dan Si Juki, bisa kita lihat kelucuannya. Belum lagi, karakter-karakter komik dan kartun yang tumbuh dan besar di media sosial.

 

Pertanyaan berikutnya adalah apakah akun-akun hiburan tersebut juga dapat dimanfaatkan untuk kepentingan marketing? Jawabannya, tentu saja. Dengan sifatnya yang ringan dan menghibur, pesan-pesan campaign dapat melebur dan tidak “keras” saat berpromosi. 

 

Dengan komik, campaign dengan tema-tema yang tidak biasa seperti campaign-campaign bersifat formal bisa tampil lebih menggugah. Campaign dari produk dan jasa yang sulit direlasikan dengan influencer-influencer tertentu biasanya mudah diintegrasikan dengan akun-akun komik. Masih ada beberapa kelebihan lainnya dari akun komik dan kartun untuk dimanfaatkan sebagai kanal pemasaran.

 

 

 

Komikus: @komikazer

Agensi: Grid Voice

Klien: Total Oil Indonesia

 

Soft Selling

Dengan melebur dalam cerita komik strip atau tokoh karakter kartun, audiens tidak secara langsung ditawarkan promosi. Audiens akan menikmati lebih dahulu cerita dari konten. Dan biasanya pesan persuasif akan tersisip di akhir pada komik strip atau tidak menonjol pada kartun. Dengan cara ini, konten yang bersifat promosi seperti ini akan tampak seperti konten organik. Potensi audiens untuk melewatkan konten seperti ini cenderung minim.

 

 

Komikus: @micecartoon.co.id

Agensi: Grid Voice

Klien: FMB 9

 

Adaptif dengan Tema

Konten kartun dan komik strip sifatnya universal. Konten ini bisa mengusung pesan-pesan, mulai dari kampanye yang komplek, serius, dan formal hingga casual. Semuanya dibalut dengan penyampaian yang ringan. Dalam sebuah campaign mengenai  distribusi listrik ke wilayah timur yang terkesan formal, akun MiceCartoon bisa mengubahnya menjadi rileks dengan menampilkan karakter petugas instalasi listrik dengan aktivitasnya dan beberapa informasi mengenai distribusi listrik terselip dalam “text bubble” dan caption.

 

 

 

Komikus: @banggaber

Agensi: Grid Voice

Klien: Allianz Indonesia

 

Potensi Shareable

Banyak pengguna sosial media rela untuk me-repost konten yang bersifat humor di jejaring sosialnya. Jadi, konten-konten kartun dan komik strip yang lucu akan memiliki potensi shareable yang lebih besar. Tinggal yang harus diperhatikan juga adalah pesan yang disampaikan. Dengan memadukan unsur komedi dan realita sosial biasanya akan lebih mendapat perhatian dan respons dari audiens.